Avatar

Debby Nurhanani

PUBLISHED ON SEPTEMBER, 15 2022 reading time clock 5 Mins Read

10 Kunci Bersahabat dengan Kartu Kredit

Bagi sebagian orang, kartu kredit adalah penolong dalam keadaan darurat maupun penolong agar mendapatkan potongan harga ketika bertransaksi.

Namun, bagi sebagian orang, kartu kredit masih terlihat seperti sesuatu yang bersifat negatif. Padahal, positif atau negatifnya sebuah kartu kredit, ditentukan oleh cara menggunakan kartu kredit tersebut.

Oleh karena itu, penting untuk Anda mengetahui bagaimana cara menggunakan kartu kredit dengan baik dan bijak serta tips menggunakan kartu kredit agar Anda dapat lebih merasakan efek positif dan terhindar dari efek negatif karena memiliki kartu kredit.

Beli kebutuhan sesuai kemampuan membayar

Perhitungan yang matang adalah kunci agar dapat memanfaatkan kepemilikan kartu kredit. Hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah pendapatan bulanan kemampuan membayar bulanan, beban hutang yang dimiliki, dan juga waktu atau tenor cicilan.

Contohnya apabila Anda saat ini sudah menggunakan 60% dari batas kemampuan membayar bulanan, namun Anda memiliki suatu kebutuhan baru. Silahkan terlebih dahulu Anda sesuaikan antara sisa 40% kemampuan membayar bulanan dengan waktu atau tenor cicilan.

Sebaiknya Anda tidak menggunakan 100% kemampuan membayar bulanan Anda untuk berjaga-jaga. Sebaiknya ketika sudah mencapai 85% Anda tidak lagi menambah cicilan.

Bayar utang kartu kredit secara penuh setiap bulan

Tujuannya adalah menghindari bunga yang menggulung setiap bulannya. Jadi sebisa mungkin sebelum jatuh tempo, Anda telah melunasi hutang kartu kredit Anda.

Keuntungan dari konsisten melakukan pembayaran full ada 2, pertama yaitu Anda mendapatkan promo dari kartu kredit ketika bertransaksi dan keuntungan kedua yaitu Anda tidak dikenakan bunga ketika membayar.

Jangan menggunakan terlalu banyak kartu kredit

Anda bisa pilih kartu kredit yang membawa keuntungan terbanyak untuk Anda. Satu atau dua kartu kredit sudah cukup apabila tidak ada kebutuhan yang mendesak.

Apakah Anda menyukai traveling, berbelanja, atau Anda mungkin menyukai kuliner, setiap bank memiliki banyak tipe kartu kredit dan Anda bisa memilih tipe apa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda tanpa perlu memiliki banyak kartu kredit sekaligus.

Tutup kartu kredit yang jarang digunakan

Biaya admin tahunan hanya akan memperberat Anda, kecuali Anda bisa menghubungi pihak bank dan meminta agar Anda dibebaskan dari biaya tersebut. Namun, apabila tidak bisa, mungkin sebaiknya Anda melakukan evaluasi ulang terhadap kepemilikan kartu kredit Anda.

Anda bisa menghubungi pihak bank untuk mengajukan penutupan kartu kredit dan pastikan Anda sudah tidak menerima tagihan di bulan selanjutnya. Segera konfimasi kepada pihak bank jika masih ada tagihan yang masuk, ya.

Sesuaikan limit kartu kredit dengan penghasilan

Terkadang pihak bank dapat menawarkan Anda dengan limit yang tinggi, bahkan berkali-kali lipat dari penghasilan Anda. Mohon agar tidak gegabah untuk segera menyetujui hal ini ya.

Karena pada akhirnya limit adalah potensi hutang atau beban, sehingga sebelumnya menentukan limit, Anda harus sudah memahami kemampuan dan juga kebutuhan pribadi Anda.

Idealnya, limit kartu kredit adalah sama dengan pendapatan bulanan dengan tujuan agar gambaran antara keduanya sama dan seimbang. Jadikan hal ini sebagai pertimbangan Anda dalam meminta limit kartu kredit, ya.

Jangan melakukan tarik tunai dengan kartu kredit

Kartu kredit memang bisa digunakan untuk tarik tunai, namun tentunya ada biaya tambahan yang akan dibebankan kepada Anda. Mungkin jika hanya melakukan tarik tunai sekali tidak akan terlalu berat, namun apabila ini menjadi habit, tentunya Anda yang rugi bukan?

Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kartu debit untuk tarik tunai, karena di kartu debit memang tersedia saldo siap yang bisa Anda Tarik ketika butuh.

Bayar utang kartu kredit tepat waktu

Hal yang dihindari adalah bunga, beban tambahan untuk Anda. Jadi penting sekali untuk membayar hutang kartu kredit sesuai dengan waktu yang telah ditentukan agar tidak terkena biaya.

Disipilin dan rasa tanggung jawab Anda juga akan semakin meningkat dengan membiasakan diri membayar hutang kartu kredit tepat waktu.

Pilih kartu kredit dengan suku bunga rendah

Suku bunga rata-rata untuk kartu kredit adalah 2.25%. Ada beberapa kartu kredit yang memiliki suku bunga lebih tinggi namun adapula yang memiliki suku bunga lebih kecil.

Pertimbangkanlah suku bunga ketika Anda sedang memilih kartu kredit yang ingin Anda ajukan. Hal ini akan berpengaruh terhadap berapa jumlah bunga yang akan menjadi tanggungan Anda.

Manfaatkan promo yang ditawarkan kartu kredit

Setiap kartu kredit memiliki promo menarik yang berbeda-beda. Pastikan sebelumnya Anda telah memilih dan memiliki kartu kredit yang Anda butuhkan sehingga Anda dapat memanfaatkan promo-promo menariknya.

Dengan begini, tujuan Anda memiliki kartu kredit untuk menghemat dan menikmati promo menarik dapat tercapai dan penggunaan kartu kredit pun menjadi efektif dan efisien.

Jangan membayar tagihan minimum

Tagihan kartu kredit tidak akan menjadi lunas apabila Anda hanya membayar tagihan minimum. Usahakan paling tidak membayar 30-50% dari total tertagih.

Selain karena pokok hutang Anda tidak akan terbayar, juga karena bunga yang telah dihitung sebelumnya kembali dihitung di bulan selanjutnya. Hal inilah yang disebut dengan bunga bergulung.

Kartu kredit merupakan salah satu produk bank guna untuk membantu nasabahnya agar lebih muda bertransaksi. Dari tujuan tersebut, tentunya memiliki kartu kredit adalah hal yang bermanfaat.

Namun, selalu ada sisi lain dari sesuatu. Sisi lain dari kartu kredit adalah secara psikologis mendorong tingkat konsumtif pada masyarakat. Hal ini dirasakan oleh sebagian masyarakat.

Agar kartu kredit dapat dimanfaat dengan baik, perlu digarisbawahi tentang alasan dan motivasi Anda untuk memiliki kartu kredit. Dengan begitu, Anda akan menjadi pemilik kartu kredit yang bijak dan tentunya kondisi finansial Anda tidak akan terganggu.

Link foto https://tse1.mm.bing.net/th?id=OIP.LvLr6e58s7L9URSrP6eGZQHaE6&pid=Api&P=0