10 Kunci Bersahabat dengan Kartu Kredit

Bagi sebagian orang, kartu kredit adalah penolong dalam keadaan darurat maupun penolong agar mendapatkan potongan harga ketika bertransaksi.

Tapi, bagi sebagian orang, kartu kredit masih terlihat seperti sesuatu yang bersifat negatif. Padahal, positif atau negatifnya sebuah kartu kredit, ditentukan oleh cara menggunakan kartu kredit tersebut.

Oleh karena itu, penting untuk kamu mengetahui bagaimana cara menggunakan kartu kredit dengan baik dan bijak serta tips menggunakan kartu kredit agar kamu dapat lebih merasakan efek positif dan terhindar dari efek negatif karena memiliki kartu kredit.

Cek juga: Apakah menggesek kartu kredit lebih bahaya dari chip?


1. Beli kebutuhan sesuai kemampuan membayar

Perhitungan yang matang adalah kunci agar dapat memanfaatkan kepemilikan kartu kredit. Hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan adalah pendapatan bulanan kemampuan membayar bulanan, beban hutang yang dimiliki, dan juga waktu atau tenor cicilan.

Contohnya kalau kamu saat ini sudah menggunakan 60% dari batas kemampuan membayar bulanan, tapi kamu memiliki suatu kebutuhan baru. Silahkan terlebih dahulu kamu sesuaikan antara sisa 40% kemampuan membayar bulanan dengan waktu atau tenor cicilan.

Sebaiknya kamu tidak menggunakan 100% kemampuan membayar bulanan kamu untuk berjaga-jaga. Sebaiknya ketika sudah mencapai 85% kamu tidak lagi menambah cicilan.


2. Bayar utang kartu kredit secara penuh setiap bulan

Tujuannya adalah menghindari bunga yang menggulung setiap bulannya. Jadi sebisa mungkin sebelum jatuh tempo, kamu telah melunasi hutang kartu kredit kamu.

Keuntungan dari konsisten melakukan pembayaran full ada 2, pertama yaitu kamu mendapatkan promo dari kartu kredit ketika bertransaksi dan keuntungan kedua yaitu kamu tidak dikenakan bunga ketika membayar.


3. Jangan menggunakan terlalu banyak kartu kredit

Kamu bisa pilih kartu kredit yang membawa keuntungan terbanyak untuk kamu. Satu atau dua kartu kredit sudah cukup kalau tidak ada kebutuhan yang mendesak.

Apakah kamu menyukai traveling, berbelanja, atau kamu mungkin menyukai kuliner, setiap bank memiliki banyak tipe kartu kredit dan kamu bisa memilih tipe apa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu tanpa perlu memiliki banyak kartu kredit sekaligus.


4. Tutup kartu kredit yang jarang digunakan

Biaya admin tahunan hanya akan memperberat kamu, kecuali kamu bisa menghubungi pihak bank dan meminta agar kamu dibebaskan dari biaya tersebut. Tapi, kalau tidak bisa, mungkin sebaiknya kamu melakukan evaluasi ulang terhadap kepemilikan kartu kredit kamu.

Kamu bisa menghubungi pihak bank untuk mengajukan penutupan kartu kredit dan pastikan kamu sudah tidak menerima tagihan di bulan selanjutnya. Segera konfimasi kepada pihak bank jika masih ada tagihan yang masuk, ya.


5. Sesuaikan limit kartu kredit dengan penghasilan

Terkadang pihak bank dapat menawarkan kamu dengan limit yang tinggi, bahkan berkali-kali lipat dari penghasilan kamu. Mohon agar tidak gegabah untuk segera menyetujui hal ini ya.

Karena pada akhirnya limit adalah potensi hutang atau beban, sehingga dalam menentukan limit kartu kredit, kamu harus sudah memahami kemampuan dan juga kebutuhan pribadi kamu.

Idealnya, limit kartu kredit adalah sama dengan pendapatan bulanan dengan tujuan agar gambaran antara keduanya sama dan seimbang. Jadikan hal ini sebagai pertimbangan kamu dalam meminta limit kartu kredit, ya.


6. Jangan melakukan tarik tunai dengan kartu kredit

Kartu kredit memang bisa digunakan untuk tarik tunai, tapi tentunya ada biaya tambahan yang akan dibebankan kepada kamu. Mungkin jika hanya melakukan tarik tunai sekali tidak akan terlalu berat, tapi kalau ini menjadi habit, tentunya kamu yang rugi bukan?

Kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kartu debit untuk tarik tunai, karena di kartu debit memang tersedia saldo siap yang bisa kamu Tarik ketika butuh.


7. Bayar utang kartu kredit tepat waktu

Hal yang dihindari adalah bunga, beban tambahan untuk kamu. Jadi penting sekali untuk membayar hutang kartu kredit sesuai dengan waktu yang telah ditentukan agar tidak terkena biaya.

Disipilin dan rasa tanggung jawab kamu juga akan semakin meningkat dengan membiasakan diri membayar hutang kartu kredit tepat waktu.


8. Pilih kartu kredit dengan suku bunga rendah

Suku bunga rata-rata untuk kartu kredit adalah 2.25%. Ada beberapa kartu kredit yang memiliki suku bunga lebih tinggi tapi adapula yang memiliki suku bunga lebih kecil.

Pertimbangkanlah suku bunga ketika kamu sedang memilih kartu kredit yang ingin kamu ajukan. Hal ini akan berpengaruh terhadap berapa jumlah bunga yang akan menjadi tanggungan kamu.


9. Manfaatkan promo yang ditawarkan kartu kredit

Setiap kartu kredit memiliki promo menarik yang berbeda-beda. Pastikan sebelumnya kamu telah memilih dan memiliki kartu kredit yang kamu butuhkan sehingga kamu dapat memanfaatkan promo-promo menariknya.

Dengan begini, tujuan kamu memiliki kartu kredit untuk menghemat dan menikmati promo menarik dapat tercapai dan penggunaan kartu kredit pun menjadi efektif dan efisien.


10. Jangan membayar tagihan minimum

Tagihan kartu kredit tidak akan menjadi lunas kalau kamu hanya membayar tagihan minimum. Usahakan paling tidak membayar 30-50% dari total tertagih.

Selain karena pokok hutang kamu tidak akan terbayar, juga karena bunga yang telah dihitung sebelumnya kembali dihitung di bulan selanjutnya. Hal inilah yang disebut dengan bunga bergulung.

Kartu kredit merupakan salah satu produk bank guna untuk membantu nasabahnya agar lebih muda bertransaksi. Dari tujuan tersebut, tentunya memiliki kartu kredit adalah hal yang bermanfaat.

Tapi, selalu ada sisi lain dari sesuatu. Sisi lain dari kartu kredit adalah secara psikologis mendorong tingkat konsumtif pada masyarakat. Hal ini dirasakan oleh sebagian masyarakat.

Agar kartu kredit dapat dimanfaat dengan baik, perlu digarisbawahi tentang alasan dan motivasi kamu untuk memiliki kartu kredit. Dengan begitu, kamu akan menjadi pemilik kartu kredit yang bijak dan tentunya kondisi finansial kamu tidak akan terganggu.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments