Ingin Memelihara Anabul? Cek Dulu Biaya Perawatannya

Lucu dan menggemaskan menjadi alasan mengapa memelihara anabul menjadi pilihan yang diambil oleh banyak orang. Tingkah anabul kerap menjadi hiburan yang dapat meredakan stres bagi pemiliknya. Bahkan, informasi dari website kemenkes menyatakan bahwa ternyata memiliki hewan peliharaan juga dapat mencegah penyakit kardiovaskular, lho!

Tentunya anabul memiliki kebutuhan baik kebutuhan dasar dan juga kebutuhan tambahan untuk kesehatan dan kecantikan mereka. Lalu, berapa sih estimasi perawatan anabul per bulannya? Lalu, apa-apa saja yang harus dipertimbangkan dan diperhatikan sebelum memutuskan untuk memiliki anabul? Yuk kita simak bersama ya!

Biaya Perawatan Kesehatan Anabul

Merawat anabul agar tetap memiliki kondisi sehat adalah hal yang krusial alias penting. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara menjaga kebersihan anabul, terutama jika anabul dilepas bebas di dalam rumah. Jika anabul kamu bersih, tentunya resiko anabul terserang penyakit juga akan menurun.

Kebersihan anabul dapat kamu lakukan dengan beberapa cara. Cara pertama yaitu selalu pastikan wadah makan dan minum anabul selalu dalam kondisi bersih. Ganti air minum setiap hari dan jangan lupa untuk mencuci tempat makan anabul minimal satu hari sekali.

Selanjutnya yaitu pastikan litter box dan kandang selalu dalam keadaan bersih, ya. Idealnya adalah untuk membersihkan litter box anabul setiap kali anabul buang air kecil atau besar. Pastikan kamu memilih pasir dengan kualitas yang baik ya. Contohnya pasir gumpal yang mengandung anti bakteri dan bisa juga yang mengandung parfum untuk mengurangi bau tidak sedap.

Hal kedua yang harus kamu perhatikan adalah makanan atau asupan gizi anabul. Kebutuhan ini tentunya menyesuaikan dengan jenis, berat badan, dan juga tingkat aktivitas dari anabul kamu. Makanan atau gizi yang tidak sesuai dengan kebutuhan akan menimbulkan resiko seperti bulu rontok, mata berair, atau bahkan anabul dapat menjadi lesu lalu sakit.

Hal ketiga yaitu pastikan anabul kamu mendapatkan vaksin yang mereka butuhkan. Dari mulai vaksin rutin tahunan, vaksin rabies, ataupun vaksin lain yang dirasa perlu. Obat cacing juga termasuk treatment rutin yang sebaiknya kamu perhatikan. Silahkan konsultasikan dengan dokter hewan kepercayaanmu, ya!

Coba yuk, kita rekap biaya untuk kesehatan anabul dari ketiga hal di atas. Untuk harga wadah makan dan minum anabul serta litter box, harganya bervariasi mulai dari Rp 100.000. untuk kandang bisa kamu beli dengan harga Rp 300.000. Biaya ini bukan merupakan pengeluaran rutin. Artinya, cukup satu kali kamu membelinya. Total adalah Rp 600.000 untuk empat items tersebut.

Lanjut ke makanan anabul untuk sebulan. Range harga makanan anabul juga terbilang beragam, mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 200.000 per kilonya. Kebutuhan makan anabul rata-rata 2 kg per bulan. Artinya, jika kamu memberi makanan anabul seharga Rp 100.000 per kilo, maka per bulan kamu perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 200.000. Biaya ini di luar cemilan dan vitamin ya. Tapi keduanya hanya diperlukan ketika kamu merasa anabul kamu memerlukan asupan tambahan.

Biaya ketiga adalah biaya vaksin dan obat cacing. Untuk vaksin rutin tahunan, biayanya relatif mulai dari Rp 150.000. Vaksin tahunan rabies mulai dari Rp 100.000 dan obat cacing Rp 30.000 biasanya direkomendasikan diulang setiap bulannya. Total untuk vaksin tahunan dan dan juga obat cacing selama satu tahun adalah Rp 610.000.

Biaya Perawatan Kecantikan Anabul

Selanjutnya adalah anabul juga perlu dirawat kecantikannya. Anabul identik dengan bulu yang panjang, tebal, dan juga shining tentunya. Untuk menjaga agar anabul selalu terlihat menggemaskan, pastinya ada pengeluaran yang harus kamu keluarkan.

Pada umumnya, kebutuhan anabul untuk mandi akan tergantung kepada apakah anabul kamu stay indoor atau outdoor. Bagi anabul yang stay di dalam rumah, biasanya perlu mandi minimal satu hingga dua kali dalam sebulan. Jika anabul kamu aktif dan sering berada di luar ruangan, biasanya kebutuhan mandi akan menjadi seminggu satu kali atau empat kali dalam sebulan.

Untuk jasa grooming, biaya akan tergantung kepada jenis anabul dan juga pilihan fasilitasnya. Seperti mandi biasa, mandi kutu dan jamur, maupun mandi lengkap dengan tambahan kondisioner untuk bulu anabul. Biaya grooming biasanya dimulai dari harga Rp 100.000 dan bisa mencapai Rp 500.000 untuk sekali mandi.

Cara Menekan Biaya Perawatan Anabul

Biaya memelihara anabul memang tidak sedikit. Biaya yang kita bahas belum termasuk keperluan lain seperti sisir, gunting kuku, mainan, ataupun hal-hal kecil lainnya. Namun, sebenarnya biaya tersebut bisa ditekan dengan beberapa cara.

Cara pertama adalah dengan memandikan anabul sendiri. Tentunya kamu harus terlebih dahulu mempelajari bagaimana cara memandikan anabul dengan baik dan benar, ya. Tujuannya agar anabul dan kamu terhindar dari resiko seperti air masuk ke kuping anabul atau kamu tercakar oleh anabul.

Jika kamu bisa memandikan anabul sendiri, yang perlu kamu beli adalah shampoo serta kondisioner untuk sesekali digunakan. Shampoo dapat kamu beli dengan harga mulai dari Rp 100.000 untuk minimal lima kali pemakaian. Begitu juga dengan kondisionernya.

Selanjutnya adalah dengan cara menjaga kesehatan anabul, dimulai dari menjaga kebersihan harian dari anabul kesayangan kamu. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya berobat anabul. Tentunya tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan apabila anabul kamu sakit. Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Kira-kira begitulah gambaran biaya yang diperlukan untuk memelihara anabul sebagai teman menggemaskan di rumah. Komitmen akan waktu, perhatian, dan juga finansial sebaiknya dipertimbangkan dengan sebaik-baiknya sebelum memutuskan untuk memiliki anabul. Terlebih lagi karena anabul sebenarnya bukan hanya akan menjadi peliharaan kamu, tapi juga menjadi anggota keluarga kamu. Tentunya kamu ingin memberikan yang terbaik yang kamu bisa untuk member keluarga yang kamu sayang, ya!

Skorlife

Skorlife helps Indonesians build their financial reputation and understand how to get there. We believe all Indonesians deserve to know their credit history. Therefore, we pioneered free Credit Score and Credit Reports for Indonesian consumers to access easily and instantly.

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments