Data E-KTP Berubah? Kini Bisa Diperbarui Secara Online!

Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki izin tinggal tetap dan sudah berumur 17 tahun atau sudah pernah/ telah kawin wajib memiliki kartu identitas diri atau KTP. Kartu Tanda Penduduk ini adalah identitas resmi seorang penduduk. Dengan kepemilikan KTP yang menyimpan sejumlah data resmi pribadi, seseorang akan terbantu dalam mengakses pelayanan publik.

Saat ini kartu identitas diri atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) sudah dalam format elektronik. Kita menyebutnya sebagai e-KTP. KTP elektronik ini berlaku seumur hidup. Meski data di dalamnya cenderung permanen, namun ada sebagian data yang bisa berubah seiring berjalannya waktu, misalnya saja status pernikahan dan alamat domisili. Jika data tersebut berubah, sebaiknya Anda segera mengurus perubahan data ke dukcapil. Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan Pasal 64 ayat (8), dinyatakan bahwa dalam hal terjadi perubahan elemen data, rusak, atau hilang, penduduk pemilik KTP elektronik wajib melaporkan kepada instansi pelaksana untuk dilakukan perubahan atau penggantian. Lalu bagaimana prosedur memperbarui data di e-KTP Anda?

Syarat Memperbarui Data di E-KTP

Selayaknya mengurus surat-surat resmi, pastikan Anda menyiapkan sejumlah persyaratan administrasi saat hendak mengajukan perubahan data pada e-KTP Anda. Berikut dokumen yang harus disiapkan:

  • Jika ingin mengubah data pada status pernikahan, siapkan dokumen berupa surat nikah atau putusan pengadilan untuk mengganti status perkawinan
  • Jika Anda pindah rumah, pastikan Anda menyiapkan surat keterangan dari RT/ RW setempat untuk mengubah data tempat tinggal.
  • Siapkan keterangan dari instansi terkait jika ada perubahan terkait status pekerjaan.
  • Jika ada perbedaan data terkait agama, siapkan dokumen surat keterangan pemuka agama
  • Jika ada kesalahan dalam nama atau ingin mengubah data yang bersifat statis? Jika ingin mengubah nama, siapkan dokumentasi berikut:
    • Salinan penetapan perubahan nama dari pengadilan
    • Kutipan akta kelahiran asli dan juga fotokopi
    • Fotokopi kartu keluarga dan kartu tanda penduduk.

Sementara jika ada kesalahan penulisan siapkan dokumen resmi lain dengan nama yang benar.

Cara Mengganti Data e-KTP

Jika Anda ingin mengurus perubahan data secara langsung, Anda bisa mendatangi kantor dukcapil setempat. Sementara jika Anda ingin mengganti data secara online, terutama bagi warga DKI, Anda bisa mengunjungi situs https://alpukat-dukcapil.jakarta.go.id/

 

Lalu bagaimana langkah-langkah untuk mengajukan perubahan data e-KTP jika semua dokumen yang diperlukan telah siap? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

 

Mengganti Data E-KTP Secara Offline

  • Mendatangi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat. Di beberapa wilayah Anda sudah cukup mengurusnya di tingkat kelurahan saja.
  • Bawalah dokumen yang dibutuhkan sesuai data yang ingin diubah
  • Serahkan dokumen yang diperlukan pada petugas
  • Jika dokumen yang diperlukan telah lengkap, petugas akan memberikan tanda terima untuk pengambilan e-KTP yang sudah diperbarui.
    Umumnya waktu tunggu maksimal 14 hari.
  • Saat mengambil e-KTP baru, bawalah e-KTP lama dan KK, juga tanda terima untuk pengambilan e-KTP baru sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Mengganti Data E-KTP Secara Online

Sesuai perkembangan zaman, segala sesuatu bisa diurus secara online. Termasuk mengubah data e-KTP. Salah satu provinsi yang memiliki layanan ubah data e-KTP secara online adalah DKI Jakarta melalui situs Alpukat Betawi, yang bisa diakses di https://alpukat-dukcapil.jakarta.go.id/. Apa itu layanan Alpukat Betawi? ALPUKAT Betawi atau Akses Langsung Pelayanan DokUmen Kependudukan CepAt dan AkuraT, merupakan sebuah kanal pelayanan yang memberikan akses langsung kepada penduduk khususnya warga DKI Jakarta untuk mengajukan pelayanan administrasi Kependudukannya. Melalui aplikasi ini penduduk dapat mengajukan permohonan layanan, penjadwalan pelayanan, dan memonitor pelayanan yang diajukannya.

Berikut langkah mengubah date e-KTP secara online via Alpukat Betawi:

  • Kunjungi website Alpukat Betawi di https://alpukat-dukcapil.jakarta.go.id/
  • Untuk bisa menggunakan layanan Alpukat Betawi ini, Anda harus registrasi dulu. Klik tombol registrasi dan isi formulir yang diminta sesuai petunjuk.
  • Setelah Anda bisa mengakses layanan, di halaman depan cari Submenu percetakan KTPel, klik Tambah Permohonan lalu klik tombol Cetak di kolom nama anggota keluarga yang akan mengubah data e-KTP
  • Jika data sudah sesuai pilih ‘Keterangan Permohonan’, lalu pilih ‘Perubahan Biodata’.
  • Beri centang pada “Dokumen Persyaratan”, masukkan SMS Phone, kemudian unggah seluruh Dokumen Persyaratan yang diperlukan.
  • Setelah semua dokumen terunggah, pilih “Service Point” serta jadwal pengambilan dokumen, kemudian klik “Kirim Permohonan Jadwal”.
  • Klik “Ya” jika tidak ada perubahan, dan klik gambar printer untuk menampilkan dan mengunduh surat permohonan.

Pada praktiknya, pembuatan KTP elektronik dilakukan dengan melakukan perekaman retina dan sidik jari pemohon. Saat pembaruan data di KTP elektronik, tidak diperlukan perekaman ulang retina dan sidik jari. Kesalahan data atau data yang tidak ter-update dapat merugikan pemilik e-KTP. Mengapa demikian? KTP tidak hanya berfungsi sebagai kartu identitas seseorang. Sejumlah layanan publik mensyaratkan kepemilikan KTP untuk bisa mengaksesnya. Fungsi e-KTP bermacam-macam, data yang valid diperlukan untuk mengikuti sejumlah program terutama program pemerintahan seperti akses kesehatan hingga bantuan sosial. Kesalahan data di e-KTP ini dapat menghambat urusan administrasi. Misalnya, tidak dapat mencairkan BPJS Ketenagakerjaan (BPJS Jamsostek), tidak bisa registrasi di aplikasi Layanan Paspor Online untuk pembuatan paspor, dan masih banyak lagi. Maka pastikan data dalam e-KTP Anda sudah benar dan ter-update.

Skorlife

Skorlife helps Indonesians build their financial reputation and understand how to get there. We believe all Indonesians deserve to know their credit history. Therefore, we pioneered free Credit Score and Credit Reports for Indonesian consumers to access easily and instantly.

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments