Avatar

Natissa

PUBLISHED ON AUGUST, 17 2022 reading time clock 5 Mins Read

Data E-KTP Berubah? Kini Bisa Diperbarui Secara Online!

Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki izin tinggal tetap dan sudah berumur 17 tahun atau sudah pernah/ telah kawin wajib memiliki kartu identitas diri atau KTP. Kartu Tanda Penduduk ini adalah identitas resmi seorang penduduk. Dengan kepemilikan KTP yang menyimpan sejumlah data resmi pribadi, seseorang akan terbantu dalam mengakses pelayanan publik.

Saat ini kartu identitas diri atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) sudah dalam format elektronik. Kita menyebutnya sebagai e-KTP. KTP elektronik ini berlaku seumur hidup. Meski data di dalamnya cenderung permanen, namun ada sebagian data yang bisa berubah seiring berjalannya waktu, misalnya saja status pernikahan dan alamat domisili. Jika data tersebut berubah, sebaiknya Anda segera mengurus perubahan data ke dukcapil. Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan Pasal 64 ayat (8), dinyatakan bahwa dalam hal terjadi perubahan elemen data, rusak, atau hilang, penduduk pemilik KTP elektronik wajib melaporkan kepada instansi pelaksana untuk dilakukan perubahan atau penggantian. Lalu bagaimana prosedur memperbarui data di e-KTP Anda?

Syarat Memperbarui Data di E-KTP

Selayaknya mengurus surat-surat resmi, pastikan Anda menyiapkan sejumlah persyaratan administrasi saat hendak mengajukan perubahan data pada e-KTP Anda. Berikut dokumen yang harus disiapkan:

Sementara jika ada kesalahan penulisan siapkan dokumen resmi lain dengan nama yang benar.

Cara Mengganti Data e-KTP

Jika Anda ingin mengurus perubahan data secara langsung, Anda bisa mendatangi kantor dukcapil setempat. Sementara jika Anda ingin mengganti data secara online, terutama bagi warga DKI, Anda bisa mengunjungi situs https://alpukat-dukcapil.jakarta.go.id/


Lalu bagaimana langkah-langkah untuk mengajukan perubahan data e-KTP jika semua dokumen yang diperlukan telah siap? Simak langkah-langkahnya berikut ini:


Mengganti Data E-KTP Secara Offline

Mengganti Data E-KTP Secara Online

Sesuai perkembangan zaman, segala sesuatu bisa diurus secara online. Termasuk mengubah data e-KTP. Salah satu provinsi yang memiliki layanan ubah data e-KTP secara online adalah DKI Jakarta melalui situs Alpukat Betawi, yang bisa diakses di https://alpukat-dukcapil.jakarta.go.id/. Apa itu layanan Alpukat Betawi? ALPUKAT Betawi atau Akses Langsung Pelayanan DokUmen Kependudukan CepAt dan AkuraT, merupakan sebuah kanal pelayanan yang memberikan akses langsung kepada penduduk khususnya warga DKI Jakarta untuk mengajukan pelayanan administrasi Kependudukannya. Melalui aplikasi ini penduduk dapat mengajukan permohonan layanan, penjadwalan pelayanan, dan memonitor pelayanan yang diajukannya.

Berikut langkah mengubah date e-KTP secara online via Alpukat Betawi:

Pada praktiknya, pembuatan KTP elektronik dilakukan dengan melakukan perekaman retina dan sidik jari pemohon. Saat pembaruan data di KTP elektronik, tidak diperlukan perekaman ulang retina dan sidik jari. Kesalahan data atau data yang tidak ter-update dapat merugikan pemilik e-KTP. Mengapa demikian? KTP tidak hanya berfungsi sebagai kartu identitas seseorang. Sejumlah layanan publik mensyaratkan kepemilikan KTP untuk bisa mengaksesnya. Fungsi e-KTP bermacam-macam, data yang valid diperlukan untuk mengikuti sejumlah program terutama program pemerintahan seperti akses kesehatan hingga bantuan sosial. Kesalahan data di e-KTP ini dapat menghambat urusan administrasi. Misalnya, tidak dapat mencairkan BPJS Ketenagakerjaan (BPJS Jamsostek), tidak bisa registrasi di aplikasi Layanan Paspor Online untuk pembuatan paspor, dan masih banyak lagi. Maka pastikan data dalam e-KTP Anda sudah benar dan ter-update.