Avatar

Malik Eminem

PUBLISHED ON MAY, 2 2022 reading time clock 5 Mins Read

Pinjaman dari Bank ditolak? Simak Caranya di sini Agar Pinjaman Disetujui!

Sedang membutuhkan dana darurat, tetapi pengajuan pinjaman ditolak Bank? Yuk, kenalan dulu dengan Skor Kredit dan bagaimana cara meningkatkan skor kredit yang baik agar pinjaman Anda disetujui.

Apa itu Skor Kredit?
Skor kredit merupakan suatu penilaian yang digunakan oleh Bank untuk mengetahui apakah Anda sebagai calon peminjam layak dan mampu membayar kembali pinjaman yang diajukan. Skor kredit ini terdiri dari tiga angka, mulai dari skala 150-750, dan ada sejumlah faktor yang dapat menentukan jumlah skor kredit seperti pekerjaan, jumlah penghasilan, jumlah tanggungan, kepemilikan kartu kredit, dan masih banyak lagi lainnya.

Semakin tinggi angka Skor kredit Anda, maka semakin baik pula peluang pinjaman Anda disetujui oleh Bank. Sebaliknya, jika Skor kredit Anda rendah tentu pihak Bank tidak akan sembarangan dalam menyetujui pinjaman yang diajukan.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, agar pinjaman dapat disetujui oleh bank, Anda harus memiliki skor kredit yang baik. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan skor kredit, seperti:

1. Membayar semua tagihan tepat waktu
Salah satu yang menjadi faktor penentu apakah pinjaman akan disetujui oleh Bank atau tidak adalah kemampuan membayar tagihan tepat waktu. Oleh karena itu, jika ingin skor kredit meningkat, pastikan Anda membayar semua tagihan yang ada tepat waktu dan jangan sampai telat jika tidak ingin masuk dalam kategori perhatian khusus. Selain terhindar dari skor kredit yang buruk, Anda juga dapat terhindar dari bunga keterlambatan yang pastinya akan semakin merugikan.

2. Membayar semua tagihan tepat waktu
Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan skor kredit adalah dengan memastikan bahwa tidak ada lagi tagihan yang menunggak, baik itu tagihan kartu kredit, pinjaman, maupun paylater. Setelah menyelesaikan tunggakan yang ada, sebaiknya informasikan hal ini kepada pihak Bank Indonesia agar riwayat kredit Anda kembali bersih dan skor kredit meningkat.

3. Hindari mengajukan pinjaman atau utang baru
Mengajukan pinjaman atau utang baru merupakan hal yang harus Anda hindari jika ingin memperbaiki atau meningkatkan skor kredit. Sebaiknya, selesaikan terlebih dahulu utang- utang yang ada agar riwayat kredit Anda bersih.

4. Aktif menggunakan kartu kredit
Aktif menggunakan kartu kredit dengan bijak adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan skor kredit. Semakin Anda bijak dalam menggunakan kartu kredit – membayar tagihan tepat waktu, menggunakan kartu kredit tidak melebihi batas limit, dll– akan mempermudah peluang pinjaman Anda disetujui oleh Bank. Hal ini sekaligus memberikan gambaran kepada pihak Bank bahwa Anda dapat mengelola pengeluaran dengan baik.

5. Tingkatkan penghasilan Faktor penting lainnya dalam skor kredit adalah jumlah penghasilan. Semakin tinggi jumlah penghasilan, maka semakin tinggi pula bobot penilaian yang dapat berkontribusi ke skor kredit Anda. Oleh karena itu, carilah penghasilan tambahan agar dapat meyakinkan Bank bahwa Anda dapat membayar kembali pinjaman yang diberikan.

Lima cara diatas dapat Anda terapkan jika ingin pinjaman disetujui oleh Bank. Tanpa kita sadari, gaya hidup yang kita jalani sehari-hari sangat berdampak pada skor kredit. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk dapat menjadi individu yang bijak dalam mengelola keuangan sejak dini agar di kemudian hari kita terhindar dari kesulitan mendapatkan pinjaman.